Cara Mengatasi Warna Furniture Kusam Akibat Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat menyebabkan warna pada furniture lebih cepat memudar. Untuk mengatasi warna furniture kusam maka perhatikan langkah-langkah berikut.

Furniture memiliki peran yang penting dalam sebuah hunian rumah. Apabila furniture tidak dirawat dengan baik terutama furniture outdoor maka furniture akan mudah rusak dan cepat mengusam. Faktor yang menyebabkan warna furniture cepat memudar diantaranya adalah paparan sinar matahari langsung.

Mengatasi warna furniture kusam perlu ketelitian, apabila furniture sudah parah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengecat ulang furniture tersebut.

Cara Mengatasi Warna Furniture Kusam

Furniture atau perabotan sudah menjadi paket lengkap pada hunian rumah. Hunian baik rumah, hotel, villa ataupun bangunan lainnya yang tidak menggunakan furniture tetap akan terkesan kosong. Furniture tidak hanya bertujuan untuk pelengkap atau tempat untuk menaruh barang namun juga digunakan sebagai penghias suatu hunian rumah.

Kadangkala kita sering menjumpai ketika furniture yang sudah mengusam disingkirkan dan ditempatkan di gudang. Namun, jika Anda dapat mengatasinya dengan baik furniture tersebut dapat menjadi seperti baru kembali.  Agar tidak terlanjur membuang furniture yang terlihat kusam, berikut hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui warna furniture tersebut masih bagus atau tidak. Usapkan punggung jari baik telunjuk atau jari lainnya ke permukaan furniture. Kemudian lihat apakah terdapat bagian cat yang terangkat atau warna memutih pada punggu jari. Jika hal tersebut benar, maka cat tersebut sudah tidak dapat lagi digunakan.

Untuk mengatasi warna furniture kusam tersebut, maka ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui dan dapat Anda lakukan di rumah. Pertama, gunakan kaca untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel pada permukaan furniture hingga bersih. Kedua,  larutkan spirtus ke permukaan kayu untuk menghilangkan cat kayu dengan sendirinya. Ketiga, larutkan NaOH untuk menghilangkan cat dengan sempurna. Namun cara ketiga ini hanya dapat dilakukan ioleh orang yang sudah ahli di bidang tersebut, jadi bagi Anda yang masih awam sangat tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.

Aplikasi Cat Untuk Refinishing Furniture Yang Mengusam

Mengatasi warna furniture kusam membutuhkan ketelitian agar cat kayu yang tersisa dapat terangkat dengan sempurna. Apabila tidak dilakukan dengan benar maka akibatnya warna pada furniture tidak seragam. Maka dari itu, cara tersebut harus dilakukan dengan benar untuk hasil yang maksimal.

Setelah melakukan cara di atas, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan refinishing atau cat ulang furniture Anda. hal ini bertujuan agar warna pada furniture dapat kembali seperti semula. Gunakan cat kayu yang aplikasinya mudah seperti plitur atau pernis. Kedua cat ini sangat mudah ditemukan di pasaran bahkan harganya pun terjangkau. Pada umumnya, cat ini menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner atau spirtus sehingga Anda harus menyiapkan keduanya untuk melapisi furniture Anda. Apabila Anda menginginkan cat kayu yang lebih mudah dan aman untuk digunakan, Anda dapat menggunakan cat kayu dengan bahan dasar air (cat water based). sebab cat water based hanya membutuhkan pelarut air.

Berikut cara refinishing pada furniture dengan warna yang mengusam:

  1. Setelah melakukan cara di atas, ampelas permukaan furniture hingga benar-benar bersih dan cat tidak tertinggal
  2. Aplikasikan cat kayu yang sudah dilarutkan ke seluruh permukaan furniture. Agar tidak meninggalkan bekas kuas, maka gunakan kuas yang sudah dilapisi kain bersih.
  3. Keringkan selama semalam untuk hasil maksimal.

Cara mengatasi warna furniture kusam adalah langkah yang tepat sebelum Anda memutuskan untuk mengungsikan furniture Anda ke gudang.

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *