Cat Kayu Tahan Air Yang Bagus Untuk Rak Dapur Kayu

Rak dapur yang terbuat dari kayu membutuhkan lapisan cat kayu tahan air agar cat tidak mudah rusak dan kayu yang digunakan tetap terjaga dengan baik.

Rak dapur menjadi salah satu furniture yang sering digunakan oleh beberapa hunian rumah. Selain stainless atau besi, bahan yang sering digunakan untuk rak dapur biasanya adalah kayu karena media ini tergolong kuat dan awet ketika digunakan.

Tampila rak dapur yang menggunakan kayu pada umumnya adalah warna natural kayu yang bertujuan untuk mempertajam warna asli kayu namun tetap memperlihatkan serat asli dari kayu itu sendiri. Untuk mendapatkan tampilan tersebut, gunakan cat kayu tahan air. Cat ini tidak hanya untuk memperindah tampilan rak saja namun juga menjaga rak kayu agar tidak mudah rusak.

Aplikasi Cat Kayu Tahan Air Pada Rak

Kayu merupakan bahan alam yang sering digunakan untuk kebutuhan furniture seperti rak dapur. Sebab, kayu memiliki tampilan yang indah, kuat, keras dan tahan lama. Namun, tidak selamanya kayu dapat bertahan terhadap jamur, serangga atau faktor lainnya maka dari itu diperlukan lapisan cat untuk melindungi serta mempertahankan kayu lebih lama.

Cat kayu untuk tampilan natural banyak kita jumpai di pasaran dengan berbagai varian merk dengan kualitas yang berbeda-beda. sehingga, sebelum memutuskan untuk membeli alangkah baiknya mengetahui cat yang akan dibeli. Tidak semua cat kayu untuk furniture aman digunakan bahkan beberapa cat dapat menyebabkan gangguan kesehatan ataupun lingkungan. Cat seperti apakah yanng tidak aman? Cat kayu yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal, merkuri ataupun formalin biasanya terdapat pada cat solvent based. Cat tersebut sering menggunakan bahan pelarut seperti thinner, spirtus atau sejenisnya. Selain memiliki kandungan kimia yang berbahaya, kandungan VOC pada cat tersebut juga sangat tinggi sehingga dapat berdampak buruk pada lingkungan. cat ini memiliki bau yang sangat menyengat, beberapa kasus orang yang berkecimpung langsung dalam finishing yang menggunakan cat solvent based dalam jangka wajtu yang lama mengidap kanker seperti leukimia, kanker kulit dll.

Sebagai alternatif finishing yang aman, gunakan cat kayu tahan air yang terbuat dari air atau dikenal dengan cat water based. Cat ini memang tergolong baru di Indonesia, namun kualitas dari cat ini sangatlah bagus. Salah satunya adalah Biovarnish, cat ini memiliki varian yang lengkap mulai dari base coat, colouring hingga topcoat sehingga akan mempermudah proses finishing Anda.

Berikut tahapan finishing dengan cat kayu tahan air Biovarnish:

  1. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran seperti debu, minyak dll
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler sebagai lapisan dasar, tunggu hingga kering kemudian ampelas
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu, tunggu hingga kering selama 1 jam kemudian ampleas halus.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear sebagai tahap akhir, kemudian diamkan selama semalam untuk hasil yang maksimal.

Cat Kayu Ramah Lingkungan

Seperti yang diulas diatas, bahwa cat water based merupakan cat kayu yang aman untuk digunakan. Cat tersebut diformulasikan untuk menggantikan cat solvent based dengan kandungan bahan yang jauh lebih aman dan rendah VOC. Seperti Biovarnish notabene menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Jika Anda selalu tidak nyaman ketika finishing karena bau cat yang sangat menyengat, berbeda halnya dengan cat Biovarnish. Cat ini justru tidak berbau dan bahkan tidak beracun sehingga lebih nyaman ketika diaplikasikan.

Untuk informasi dan pemesanan cat kayu tahan air Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut  via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *