Kayu Mahoni, Baguskah Untuk Furniture?

0
346
Kayu Mahoni, Baguskah Untuk Furniture?

Salah satu jenis kayu yang banyak ditemui di daerah Jawa adalah kayu mahoni. Kayu ini termasuk jenis kayu yang juga banyak dicari oleh para pengrajin kayu karena mudah untuk didapatkan. Kayu yang tumbuh di daerah tropis ini merupakan jenis kayu yang bernilai komersial yang tinggi. kayu mahoni juga termasuk jenis kayu dengan masa panen yang cukup cepat, sekitar 7 sampai dengan 15 tahun. Hal ini tentu saja cukup menggiurkan bagi para pengrajin kayu bukan?

Kayu Mahoni, Baguskah Untuk Furniture?

Bagaimana ciri-ciri kayu mahoni? Memang banyak mengatakan jika karakter dari kayu mahoni ini hanya terdapat pada kayu itu sendiri. Hal inilah yang menyebabkan karakter dari kayu mahoni ini sangat berbeda dengan jenis kayu yang lainnya. Agar mengenal lebih dalam mengenai jenis atau karakter dari kayu mahoni ini, berikut ciri-ciri dari kayu mahoni.

  1. Warna kayu

Bagian tengah dari kayu mahoni ini berwarna merah muda, namun ada pula yang berwarna merah gelap atau merah hati. Warna merah gelap iniĀ  menunjukkan jika kayu mahoni telah berumur tua, biasanya berumur 25 tahun atau lebih. Warna kayu bagian tepi berbeda, karena berwarna putih.

  1. Serat dan tekstur kayu

Kayu mahoni memiliki serat yang lurus dan terpadu, dengan tekstur halus dan memiliki pori-pori yang kecil.

  1. Kualitas kayu

Kayu Mahoni, Baguskah Untuk Furniture?Dilihat dari segi kualitasnya, kayu mahoni ini tentu saja berada di bawah kayu jati. Namun, kayu mahoni juga memiliki kualitas yang cukup baik dan banyak digunakan dalam bidang pertukangan. Kayu mahoni termasuk jenis jenis kayu dengan tingkat keawetan dan ketahanan yang berada dibawah kayu jati. Kayu ini tidak tahan terhadap serangan rayap atau hama pemakan kayu yang lainnya. Oleh karena itu, kayu mahoni ini perlu dilakukan treatment atau pengawetan terlebih dahulu sebelum diolah agar lebih tahan lama dan juga awet. Selain itu, disarankan apabila kayu ini tidak diletakkan secara langsung dekat dengan tanah.

  1. Harga

Dilihat dari segi harga, kayu mahoni ini harganya lebih murah dibandingkan dengan harga kayu jati. Kayu mahoni ini juga sering dijadikan sebagai kayu alternatif untuk pembuatan mebel atau furniture dikarenakan kelangkaan jenis kayu jati.

  1. Kegunaan

Kayu mahoni termasuk jenis kayu dengan kualitas yang baik untuk dijadikan sebagai bahan mebel atau furniture, seperti lemari, tempat tidur, meja makan, kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan dari produk kayu mahoni ini juga terbilang lebih murah dan terjangkau, sehingga produk dari kayu mahoni ini juga memiliki banyak penggemar. Walaupun kayu ini tergolong kayu yang kurang tahan, namun dengan adanya pengawetan maka produk dari kayu mahoni ini akan lebih tahan lama dengan perawatan yang baik. Mebel atau furniture dari kayu mahoni ini banyak digunakan untuk produk indoor saja, sehingga tidak terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung sehingga akan lebih awet.

  1. Jenis finishing untuk kayu mahoni

Kayu mahoni apabila difinishing dengan sempurna akan membuat tampilannya lebih menarik dan berkelas. Anda dapat menggunakan warna natural kayu untuk finishing pada kayu mahoni ini. Ada banyak jenis cat untuk finishing, mulai dari water based sampai dengan bahan cat dengan pelarut minyak. Nah, bagi anda yang menginginkan finishing sendiri pada produk dari kayu mahoni ini, sebaiknya gunakan cat dengan jenis water based karena akan lebih aman. Cat ini juga merupakan jenis cat yang ramah lingkungan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here