Kreasi Unik Dari Kayu Bekas, Rak Dinding Fungsional

0
1280
Kreasi Unik Dari Kayu Bekas, Rak Dinding Fungsional

Rak dinding fungsional bisa dibuat dari kayu bekas dengan menggunakan teknik yang sederhana. Bagaimana prosesnya?

Kayu bekas yang masih kokoh dan juga kuat ternyata dapat Anda fungsikan kembali menjadi sebuah furniture rumah tangga yang cukup keren yaitu rak dinding fungsional. Rak dinding dari kayu bekas ini dapat terlihat lebih menarik dan juga baru dengan tampilan dan nuansa baru hanya dengan disulap menggunakan teknik sederhana.

Kreasi Unik Dari Kayu Bekas, Rak Dinding FungsionalMembuat rak dinding fungsional dari kayu bekas juga dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak dana, namun bagaimana caranya? Simak tips berikut ini untuk membuat rak dinding fungsional dari kayu bekas.

Tips membuat Rak Dinding Fungsional dari Kayu Bekas

  1. Tentukan fungsi dan letak rak

Menyiapkan desain yang menarik dan juga cantik memang diperlukan. Selain dapat memudahkan Anda dalam membuat rak dinding, konsep yang matang juga akan membuat hasil dari rak dinding yang Anda buat juga maksimal. Desain dari rak dinding yang ingin Anda buat juga harus meliputi seberapa besar rak dinding yang akan Anda buat, fungsi dari rak tersebut, serta dimana Anda ingin menggunakan rak dinding tersebut. Rak multifungsi ini juga bisa membantu Anda menghemat ruang.

Apabila Anda menginginkan untuk diletakkan di dapur Anda, maka pastinya Anda akan membutuhkan desain rak dinding yang cocok dengan dapur Anda serta ukurannya yang lebih besar. Namun, jika Anda menginginkan rak untuk diletakkan di ruang keluarga, maka Anda dapat mendesain rak dinding untuk tv dengan desain rak yang terbuka. Rak dinding ini dapat Anda gunakan untuk meletakkan tv maupun benda pajang yang menarik lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat membuat rak buku fungsional yang dapat Anda gunakan untuk menaruh koleksi buku Anda dan juga benda pajang. Jadi desain yang Anda pilih harus sesuai dengan ruangan yang ingin Anda beri dengan rak dinding.

  1. Persiapkan alat dan juga bahan

Selanjutnya proses persiapan alat dan juga bahan. Untuk bahan pembuatan rak dinding ini dapat andsa sesuaikan dengan jenis kayu yang Anda miliki, seperti kayu palet bekas. Jika Anda memiliki kayu palet bekas, maka jangan dibuang, gunakan untuk membuat furniture untuk rumah tangga Anda seperti rak dinding fungisonal yang kreatif dan juga cantik. Persiapan alat seperti gergaji, palu, paku, sekrup, engsel, lem kayu, amplas, dan juga cat pastinya akan Anda butuhkan.

  1. Potong kayu sesuai desain rak

Kreasi Unik Dari Kayu Bekas, Rak Dinding FungsionalPotong kayu menjadi komponen dari rak dinding yang Anda inginkan. Untuk ukurannya, Anda dapat menyesuaikan dengan desain yang sudah Anda buat. Apabila Anda menginginkan rak dinding terbuka, maka bagian kayu yang harus Anda siapkan adalah bagian alas dan juga rak dinding, bagian samping kanan kiri, bagian belakang. Namun, jika Anda menginginkan rak dinding tertutup maka Anda perlu menambahkan bagian dari pintu rak dinding tersebut.

  1. Amplas kayu yang sudah Anda potong

Untuk hasil yang maksimal dan juga halus, maka Anda perlu untuk mengamplas kayu tersebut. Amplas semua bagian dari kayu agar memudahkan Anda dalam proses pengecatan dan juga kayu akan terlihat lebih bersih dan tampak baru.

  1. Satukan komponen dan lakukan pengecatan

Satukan komponen-komponen yang sudah dibuat sesuai letak dan fungsinya. Setelah rak jadi, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan. Pengecatan sangat penting dilakukan untuk meningkatkan keawetan kayu dan meningkatkan keindahan dari kreasi rak dinding yang dibuat. Pilih cat yang mudah diaplikasikan, agar Anda tidak kerepotan mengaplikasikan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih cat yang aman, karena rak posisi di dalam rumah.

Nah, demikian beberapa cara yang mudah untuk membuat rak dinding fungsional dengan sederhana. Apabila Anda menginginkan tampilan yang lebih cantik dan menarik sesuai dengan tema ruangan, maka Anda perlu mengecat rak dinding Anda. Gunakan cat yang sesuai dengan jenis kayu yang Anda gunakan. Selamat mencoba.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here