Membuat Lemari Pakaian Dari Multipleks

0
38
Membuat Lemari Pakaian Dari Multipleks

Lemari merupakan salah satu furniture penting yang harus ada di rumah. Karena lemari merupakan tempat untuk menyimpan pakaian. Baik yang dilipat maupun digantung menggunakan hanger. Selain sebagai fungsi menyimpan pakaian, lemari juga biasa digunakan untuk menyimpan benda berharga seperti dokumen atau barang berharga lainnya. Pakaian yang disimpan dalam lemari memudahkan untuk kita memilih pakaian yang akan digunakan. Karena jika pakaian Anda tidak tertata di lemari, Anda pasti kebingungan untuk mencari pakaian yang akan Anda pakai.

Jika sekarang Anda sedang kebingungan karena pakaian Anda mulai menumpuk dan tidak ada tempat lagi, mulailah Anda memikirkan untuk membeli lemari agar pakaian dan barang-barang Anda tertata rapi dalam satu tempat. Memilih lemari untuk rumah Anda tidaklah sulit. Namun Anda harus cukup jeli untuk memilih jenis bahan dasar lemari dan dan jenis finishing yang digunakan untuk lemari yang akan Anda beli. Karena jenis bahan dasar dan finishing menentukan kualitas lemari Anda. Dan karena lemari tidak hanya digunakan sekali pakai tetapi digunakan untuk jangka waktu yang lama. Lemari juga didesain untuk menahan berat benda diatasnya sehingga jika Anda membeli lemari harus memastikan bahan baku kayu dan tahan lama.

Membuat Lemari Pakaian Dari Multipleks

Di pasaran banyak sekali lemari dengan bahan baku, desain dan harga yang bervariasi. Ada ynag terbuat dari besi, dari plastik, dan dari kayu. Nah untuk peminat memang banyak yang memilih kayu sebagai bahan dasar lemari. Karena kayu lebih memiliki nilai estetika dibanding bahan dasar lainnya. Banyak jenis kayu yang digunakan untuk lemari. Antara lain:

  • Kayu solid, kayu ini merupakan kayu yang terkuat untuk dijadikan furniture dibanding kayu olahan lainnya. Seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu nyatoh dan lain sebagainya.
  • Kayu MDF, kayu ini terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan bahan kimia dan direkatkan dengan suhu bertekanan tinggi. Untuk ukuran dan kekuatannya juga fleksibel tergantung kepadatan serbuk kayu tersbut.
  • Kayu lapis / plywood, kayu ini sering disebut dengan tripleks atau mutipleks. Kayu ini termasuk jenis yang banyak digunakan setelah kayu solid. Kayu ini dibentuk dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan yang tinggi. Ketebalannya mulai dari 3mm sampai 18mm.

Dikarenakan kayu solid ini memiliki harga yang cukup mahal, sebaiknya Anda memilih kayu plywood atau multipleks ini. Semakin tebal kayu multipleks ini akan semakin menentukan kekuatannya. Jika dipasaraan Anda tidak menemukan model yang cocok untuk seperti keinginan Anda, Anda bisa mulai bereksperimen dengan membuat sendiri lemari dari multipleks dirumah Anda. Dengan menggunakan bahan yang sederhana dan menghasilkan lemari yang luar biasa.

Sebelum Anda membuat lemari dari multipleks, sebaiknya Anda menentukan desain lemari dan finishing yang cocok untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Desain minimalis ini bisa Anda gunakan untuk membuat lemari. Karena desain minimalis ini bisa ditempatkan pada ruang yang tidak begitu luas dan cukup untuk menaruh sebagian pakaian-pakaian Anda. Memilih cat finishing untuk lemari Anda juga perlu diperhatikan. Karena cat juga berpengaruh pada kualitas keawetan kayu multipleks tersebut.

Memilih cat finsihing sebaiknya Anda menggunakan cat finsihing berbahan dasar air atau bisa disebut water based. Cat ini lebih aman dibanding menggunakan cat berbahan solvent based. Bahan yang terkandung pada solvent based ini berbahaya. Campuran thinner ini memberikan efek yang kurang bagus untuk kesehatan dan juga lingkungan.

Membuat Lemari Pakaian Dari Multipleks

Efek langsung yang dirasakan saat menggunakan cat solvent based ini adalah mata pedih, bau yang sangat menyengat, iritasi pada kulit, hingga mengalami gangguan pernafasan. Walaupun memang hasil dari cat solvent based ini bagus, tetapi dari kesehatan sangat tidak dianjurkan menggunakan jenis solvent based ini. maka dari itu, sebaiknya Anda memilih menggunakan cat water based yang lebih aman karena menggunakan campuran air dan pastinya lebih murah dibanding harus membeli campuran thinner.

Cat water based sudah banyak dijual ditoko-toko dengan berbagai merk. Sebut saja cat water based merk Biovarnish. Cat Biovarnish ini memiliki hasil natuural trasnparan yang akan memperlihatkan serat dari kayu multipleks Anda. Keunggulan Biovarnish dibanding merk cat lain adalah:

  • Aman dan ramah lingkungan
  • Mudah untuk diaplikasikan
  • Cepat kering, tidak harus menunggu matahari
  • Tidak beracun dan tidak berbau menyengat
  • Anti brush marking
  • Bisa diaplikasikan dengan menggunakan kuas maupun spray
  • Warna tajam dengan transparansi yang bagus
  • Tahan air dan segala cuaca
  • Mudah dibersihkan
  • Daya rekatnya bagus

Jika Anda tidak memiliki alat untuk mengaplikasikan cat seperti spray, Anda bisa menggunakan kuas. Kuas yang digunakan adalah kuas spons yang mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan bekas seperti jika menggunakan kuas nilon atau kuas bulu. Kuas spons ini tentu harganya jauh lebih murah dibanding dengan alat spray. Alat spray ini biasanya hanya digunakan untuk para pengrajin furniture dengan jumlah produksi besar. Untuk pemakaian sendiri bisa menggunakan kuas spons ini tentunya.

Langkah-langlah untuk melakukan proses finishing pada lemari multipleks Anda bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Siapkan peralatan dan bahan-bahan seperti 1 set cat Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Untuk peralatan siapkan kuas spons, kain bal atau pisau palet, amplas aluminium oxide nomor 240 dan nomor 400, dan tentunya air sebagai pengencer cat.
  2. Sebelum memulai proses pengecatan, pastikan media multipleks Anda bersih dari debu, kotoran maupun air. Agar cat yang diaplikasikan menempel semourna dan menghasilkan lemari yang berkualitas.
  3. Langkah pertama, campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air untuk mnegencerkan, lalu ambil sedikit dan oleskan menggunakan kain bal atau pisau palet secara menyeluruh ke permukaan multipleks. Jika sudah silakan tunggu sampai kering sekitar 20-40 menit. Setelah kering bisa diamplas menggunkan amplas aluminium oxide nomro 240 sampai permukaan kayu multipleks terlihat, lalu berishkan menggunakan kain bersih.
  4. Langkah kedua, campurkan Biovarnish Wood Stain dan air dengan perbandingan 4 cat : 1 air. Takaran bisa menggunakan gelas takar atau cukup dengan sendok. Aduk sampai benar-benar warna tercampur. Lalu bisa Anda kuaskan menggunakan kuas spons searah serat kayu. Tunggusampai kering sekitar 60menit, lalu amplas ambang menggunakan amplas aluminium oxide nomor 400.
  5. Langkah terakhir, campurkan Biovarnish Clear Coat dan air dengan perbandingan 4cat : 1air. Aduk sampai tercampur, lalu kuaskan menggunakan kuas spons searah serat kayu. Langkah terakhir ini cukup dikeringkan semalam tanpa perlu diamplas hanya dilap menggunakan kain bersih.

Untuk perawatan lemari dari multipleks Anda, sebaiknya dibersihkan secara rutin menggunakan kain bersih atau kemoceng. Atau Anda juga bisa menggunakan silica gel yang diletakkan didalam lemari. Silica gel ini berfungsi sebagai penyerap kelembaban dan menghindarkan kayu multipleks Anda diserang oleh jamur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here