Peringati Hari Pramuka ke-56 14 Agustus 2017

Hari pramuka tahun 2017 ini telah memasuki usia 56 tahun dan diperingati dengan diadakannya Raimuna Nasional XI 2017 di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur.

Pramuka, tentu kita sudah mengenalnya sejak sekolah dasar. Gerakan pramuka mengajarkan kepada anak-anak untuk hidup disiplin dan mengenal alam. Segala aktivitas yang dilakukan pada gerakan pramuka memberikan berbagai cara untuk menjadi diri yang mandiri dan bisa mencintai alam

Sampai saat ini, gerakan pramuka sudah menjadi bagian jiwa dari anak sekolah dalam menjalankan segala aktivitas. Lalu kapan hari pramuka mulai diperingati di Indonesia?

Sejarah Hari Pramuka

Awal kali munculnya gerakan pramuka diawali dengan langkah yang sulit. Pasalnya, gerakan kepanduan ini sempat bertolak belakang dengan prinsip dan metode kepanduan. Adanya gerakan kepanduan yang berafiliasi terhadap politik tersebut alasan menyalahi prinsip dan metode kepanduan tersebut.

Melihat situasi tersebut, sekitar tahun 1961 Presiden Soekarno mselaku mandataris MPRS pada tanggal 9 Maret 1961 memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana Merdeka atas dorongan dari beberapa tokoh kepanduan dan bertolak dari ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960. Amanat tersebut berupa mengefektifkan organisasi kepanduan sebagai satu komponen bangsa yang potensial dalam pembangunan bangsa dan negara.

Dari pertemuan di Istana Merdeka tersebut, Presiden Soekarno menyatakan untuk membubarkan gerakan kepanduan di seluruh Indonesia dan meleburnya menjadi tunggal yaitu GERAKAN PRAMUKA. Gerakan dengan lambang tunas kelapa ini dibentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 Tahun 1961. Kemudian dikenalkan kepada khalayak secara resmi sebagai Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961. Setiap tanggal 14 Agustus tersebut selalu diperingati sebagai Hari Pramuka.

Gerakan Pramuka Terhadap Kemajuan Teknologi

Hari pramuka tahun ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada saat Raimuna Nasional XI 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Pada acara pembukaan tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan banyak pesan kepada generasi Pramuka saat ini untuk terus melakukan terobosan baru dengan cara yang lebih kreatif mengingat perkembangan anak muda saat ini yang maju dengan pesat.

Anak muda antara usia 16 hingga 25 tahun adalah generasi yang adaptif dengan perkembangan teknologi yang terus maju dan merupakan sebuah generasi yang aktif. Pada usia inilah anak muda memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Diharapkan generasi pramuka saat ini selalu mengembangkan kreatif untuk memberikan dorongan pada anak muda saat ini untuk hidup mandiri dan mencintai tanah air.

Pada Raimuna XI Gerakan Pramuka diikuti oleh 15 ribu Pramuka denganusia 16-25 tahun dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia  dan beberapa perwakilan dari negara sahabat Pramuka. Acara Raimuna XI ini berlangsung pada 13-21 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Tentu perkembangan gerakan pramuka setiap tahunnya memberikan dampak pada anak muda saat ini terus melakukan hal-hal yang positif terhadap lingkungan sekitar mereka.

Dengan kemajuan teknologi ini, generasi muda Pramuka diharapakan tidak menjadi generasi yang pasif. Generasi ini harus dimulai dengan dorongan-dorongan positif dengan kreatifitas yang terus berkembang. Maka dari itu, dengan diperingatinya hari pramuka diharapkan gerakan Pramuka memiliki peran penting untuk anak muda Indonesia guna mengenali diri dan lingkungan disekitarnya.

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *