Teknik Aplikasi Cat Pagar Bambu Warna Transparan Kayu

Pagar yang sering digunakan untuk melengkapi suatu hunia adalah pagar dengan bahan baku bambu. Untuk memberikan tampilan yang maksimal, gunakan cat pagar bambu ini.

Bambu dahulunya banyak digunakan untuk membuat rumah atau keperluan yang dapat memudahkan kinerja manusian. Namun, karena bahan yang mulai langkah hanya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti gazebo, furniture atau pagar.

Pada umumnya, tampilan gazebo, furniture atau pagar dengan bahan baku bambu tersebut adalah natural kayu. Untuk menciptakan tampilan ini maka dibutuhkan cat pagar bambu yang tepat.

Teknik Aplikasi Cat Pagar Bambu

Cat pagar bambu yang bisa digunakan untuk melapisi permukaan bambu tidak semua memiliki kandungan bahan yang aman. Walaupun cat tersebut memiliki kualitas yang bagus namun tidak aman digunakan tetap saja akan menimbulkan dampak buruk bagi penggunanya. Cat tersebut biasanya menggunakan bahan solvent based atau cat yang menggunakan bahan pelarut thinner, sipiritus atau ethanol. Yang membahayakan cat solvent based adalah kandungan kimia  seperti timbal, merkuri atau formalin yang sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan. bahkan kandungan VOC dalam cat ini sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan lapisan ozon semakin lebar.

Cat kayu yang aman digunakan hanya bisa Anda jumpai pada cat water based. walaupun jenis cat ini masih tergolong baru di Indonesia namun peminta dari cat ini selalu meningkat mengingat bahannya yang tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan selain itu hasilnya pun memuaskan. Salah satu cat water based yang dipastikan aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish.

Setelah mengetahui cat pagar bambu yang cocok untuk finishing, berikut teknik finishing yang tepat untuk pagar bambu:

  1. Bambu yang digunakan sebaiknya bambu yang sudah kering. ampelas terlebih dahulu permukaan bambu untuk menghilangkan bulu atau kotoran lainnya yang masih menempel.
  2. Bersihkan sisa ampelas, kemudian aplikasikan filler pada permukaan bambu agar menutup seluruh pori-pori sehingga mempermudah proses finishing selanjutnya.
  3. Pilih cat wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Aplikasikan wood stain ke seluruh permukaan bambu baik dengan cara kuas atau semprot. Setelah kering, ampelas halus permukaan bambu dengan kertas ampelas no. 400.
  4. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan topcoat ke permukaan bambu kemudian diamkan selama semalam.

Cat Kayu Eco Friendly dan Low VOC

Begitu banyaknya cat pagar bambu yang tersebar dipasaran memiliki kandungan VOC yang tinggi, kini ilmuan telah menemukan cat kayu dibuat dengan teknologi yang canggih yaitu cat water based yang cenderung memiliki kandungan VOC yang rendah. Biovarnish merupakan salah satu cat water based yang memiliki kandungan VOC yang sangat rendah selain itu bahan-bahan yang digunakan telah memenuhi standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Biovarnish sangat cocok digunakan untuk finishing dengan bahan baku apapun baik bambu, kayu, kayu lapis (MDF, plywood dll), rotan ataupun serat alam lainnya. karena cat ini memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, ringat ketika dikuas, mudah diampelas dan tahan terhada cuaca. Biovarnish tidak hanya dapat digunakan untuk eksterior seperti pagar atau gazebo saja melainkan juga untuk interior seperti furniture.

Lalu dimana mendapatkan Biovarnish? Silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056 untuk informasi produk lebih detail atau pemesanan langsung.

 

 

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *