Teknik Finishing Kayu Jati Belanda Natural Kayu

Furniture atau interior dengan kayu jati belanda sampai saat ini masih banyak digunakan, agar tampilan lebih menarik maka perlu finishing kayu jati belanda yang tepat.

Kayu jati belanda merupakan salah satu jenis kayu yang banyak digunakan untuk furniture atau interior di Indonesia. Tampilan yang sering digunakan untuk menunjang warna asli kayu tersebut adalah natural kau.

Finishing kayu jati belanda dengan tampilan natural kayu justru akan terlihat menarik karena warnanya semakin tajam dan seratnya terlihat secara maksimal.

Finishing Kayu Jati Belanda Warna Natural Kayu

Kayu merupakan media yang sering digunakan untuk rangka furniture atau interior. Karena teksturnya yang kuat, keras dan tahan lama menyebabkan kayu menjadi bahan favorit untuk furniture. selain itu, kayu juga memiliki tampilan serat kayu yang indah seperti kayu jati belanda ini. Kayu tersebut memiliki warna yang cerah serta tampilan serat yang rapi sehingga tidak jarang, tampilan yang digunakan untuk kayu jati belanda adalah natural kayu.

Kayu jati belanda saat ini banyak dibentuk menjadi palet kayu yang biasa digunakan untuk cafe atau restaurant. Walaupun memiliki tampilan kayu yang indah dan cerah, kayu tersebut perlu proses finishing agar lebih menarik. Finishing kayu jati belanda dapat mempertajam warna kayu dan melindungi kayu dari gangguan luar seperti debu, jamur, serangga atau mikroorganisme perusak kayu lainnya.

Adapun cara finishing kayu jati belanda yang tepat sebagai berikut:

  1. Ampelas terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan mesin atau cara manual, sesuai dengan kenyamanan Anda.
  2. Aplikasikan Wood Filler untuk mendapatkan tampilan close pore. Gunakan palet atau kuas untuk mengoleskan wood filler ke seluruh permukaan kayu kemudian keringkan selama 30 menit. Setelah kering ampelas lagi hingga rata dan bersih.
  3. Aplikasikan Wood Stain sebagai colouring pada kayu.
  4. Sebagai tahapan akhir, gunakan topcoat agar tampilan akhir lebih maksimal.

Cat Kayu Yang Ramah Lingkungan

Finishing kayu jati belanda bertujuan untuk memberikan tampilan yang menarik sekaligus melindungi kayu agar lebih bertahan lama. Serangkaian tahapan finishing di atas, Anda dapat menggunakan cat water based yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. salah satu cat water based yang dijamin aman adalah Biovarnish. Cat ini memiliki varian yang lengkap mulai dari base coat hingga topcoat.

Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang aman dan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Cat ini tidak berbahaya, tidak beracun, tidak berbau dan rendah VOC sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Tidak hanya dapat digunakan untuk finishing kayu jati belanda saja melainkan juga dapat digunakan untuk finishing pada MDF, plywood, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Biovarnish ini merupakan jenis cat water based yang diformulasikan khusus sebagai pengganti cat solvent based yang berbahaya. Cat ini tergolong baru di Indonesia karena sebagian manufaktur cat baru mengembangkan jenis cat ini. Cat ini terus mengalami peningkatan karena masyarakat mulai meyadari akan pentingnya penggunaan bahan-bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

Pastikan Anda untuk menggunakan bahan finishing yang aman guna kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Untuk mendapatkan informasi atau pemesanan bahan finishing kayu jati belanda Biovarnish ini, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056

 

 

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *