Tips Menata Ruangan Yang Sempit Terlihat Nyaman

0
17
menata ruangan sempit
pencahayaan menjadi faktor penting dalam membuat ruangan nampak luas

Ruangan yang sempit akan membuat suasana yang panas dan juga kurang menyenangkan. Pasalnya anda akan lebih sulit untuk bergerak ketika anda bergerak di dalam ruangan. Jika tidak pandai dalam mengaturya, ruangan sempit akan sangat merepotkan.
Mendekorasi ruangan sempit memang berbeda dengan mendekorasi sebuah ruangan yang besar. Peletakan perabotan pada ruangan yang lebih luas juga terkesan lebih mudah dan cepat dibandingkan ketika anda harus menata perabotan pada ruangan yang sempit. Nah, bagi anda yang masih kebingungan dalam mendekorasi ruangan yang sempit, ikuti tips berikut ini.
6 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mengubah Ruang Sempit Tampak Luas dan Nyaman
1. Warna dan pola
Salah satu unsur yang dapat membuat ruangan sempit tampak lebih luas adalah pemilihan warna yang menarik dan juga tepat. Warna yang paling cocok untuk diterapkan pada ruangan yang sempit adalah warna terang dan juga netral. Warna-warna tersebut dapat memberikan efek ruangan yang lebih luas dan juga lebih lapang. Warna putih dan juga warna netral ini dapat anda jadikan sebagai inspirasi anda untuk memilih tema ruang yang sempit. Selain pemilihan warna yang tepat, anda juga perlu untuk memberikan sentuhan yang lain pada ruangan minimalis, misalnya dengan menambahkan pola tertentu pada ruangan. Dinding dengan warna putih akan cocok untuk anda tambahkan sentuhan wallpaper yang menarik dengan warna bold.

menata ruangan sempit
warna dan pola ruangan memberikan kesan luas

2. Tempat duduk yang nyaman
Ruang tamu merupakan ruangan yang penting dari sebuah rumah. Salah satu perabotan yang ada pada ruangan tersebut adalah tempat duduk yang benar-benar dapat memberikan kenyamanan bagi anda. Oleh karena itu, kursi yang benar-benar nyaman bagi anda dan juga para tamu yang berkunjung. Ada baiknya jika anda mencoba tempat duduk tersebut sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Sempatkan beberapa menit untuk mengecek apakah kursi tersebut benar-benar nyaman atau tidak. Pastikan untuk memilih kursi dengan desain minimalis agar tak menyita tempat.
3. Pencahayaan yang baik
Pencahayaan bukan hanya berkaitan dengan lampu utama pada ruangan saja, namun juga dari unsur lainnya misalnya jendela. Nah, pastikan sinar matahari tetap dapat memasuki ruangan tersebut. Selain itu anda juga perlu untuk membuat suasana ruang sempit menjadi lebih terang dengan menambahkan lampu menarik. Ada berbagai desain lampu yang menarik dan juga dapat menambah keindahan ruangan minimalis anda.
menata ruangan sempit
tanaman hidup memberikan kesan segar dan nyaman

4. Tanaman hidup
Selain hal-hal diatas, kesan ruangan yang lebih natural dan segar juga dapat anda ciptakan dengan mudah. Tambahkan tanaman indoor dengan ukuran medium atau sesuai dengan keinginan anda. Pilih jenis tanaman yang dapat dirawat dengan mudah. Tempatkan tanaman tersebut pada letak yang strategis sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.
5. Sisakan ruang kosong
Mendekorasi ruangan yang sempit juga harus memperhatikan bagian ruangan tersebut. Pastikan anda memberikan sedikit ruangan yang kosong sehingga dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas serta tidak sesak. Hal ini sangat berguna karena sirkulasi udara dapat berjalan lebih baik sehingga ruangan akan lebih sehat dan juga segar.
6. Kaca
menata ruangan sempit
kaca membuat ruangan menjadi terlihat luas

Dinding yang kosong dapat anda tempatkan sebuah kaca dengan bingkai yang menarik dan juga cocok. Kaca ini akan memberikan efek ruangan yang lebih luas serta lebih terang. Banyak orang yang memang memilih kaca sebagai benda pajang untuk ruangan yang sempit karena memang terkesan lebih praktis. Untuk kamar tidur yang minimalis, anda juga dapat menempatkan dua buah kaca pada bagian atas sandaran ranjang tidur sisi kanan dan kiri.
Demikian cara mudah untuk membuat ruangan sempit menjadi lebih luas. Semoga berguna dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here