Tips Mudah Mengetahui Perbedaan Pernis dan Plitur Kayu

Bingung harus memilih cat kayu untuk finishing natural kayu? Sebaiknya ketahui perbedaan pernis dan plitur kayu terlebih dulu sebelum membeli langsung ke toko cat atau bangunan.

Plitur atau pernis merupakan cat kayu dengan tampilan natural kayu yang sering digunakan untuk melapisi furniture, kerajinan atau perabotan kayu lainnya. Pada umumnya, cat ini sering digunakan oleh industri kecil, DIY, penghobi karena terhitung lebih murah dan mudah untuk diaplikasikan.

Namun tidak jarang diantara kita masih bingung dengan perbedaan pernis dan plitur. Ya, walaupun sama-sama digunakan untuk melapisi kayu dengan tampilan natural kayu namun dari segi bahan dan tampilan sangatlah berbeda

Perbedaan Pernis dan Plitur Yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda masih awam dan berkecimpung di dunia finishing maka Anda harus dituntut untuk mengetahui jenis-jenis cat kayu serta tampilan akhir. Dari beragam jenis cat kayu yang ada di pasaran maka Anda akan berjumpa dengan pernis dan plitur. Keduanya ini tidak lah sama walaupun memiliki tampilan natural kayu.

Perbedaan pernis dan plitur sangat terlihat mencolok jika dilihat dari bentuk dan warnanya. Perni merupakan cat kayu yang sering digunakan untuk finishing furniture interior sebab cat ini tidak tahan terhadap paparan sinar matahari ataupun air hujan. Cat kayu ini terbuat dari resin, drying oil dan solvent sehingga tampilannya lebih bening atau transparan. Sedangkan plitur memiliki tampilan akhir sedikt kekuningan karena efek dari resin serangga. Ya, plitur merupakan jenis cat kayu yang terbuat dari resin yang bisa didapatkan dari serangga yang hanya dijumpai di India atau Thailand. Mungkin Anda tidak asing jika mendengar serlak india untuk finishing, lebih gampangnya serlak tersebut adalah plitur. Cat kayu ini merupakan shellac yang memiliki bentuk serpihan tipis dengan tampilan keemasan atau tembaga.

Perkembangan Cat Kayu Saat Ini

Perbedaan pernis dan plitur diatas dapat kita simpulkan bahwa keduanya merupakan termasuk golongan cat solvent based karena kandungan resinnya yang tinggi. Cat solvent based merupakan jenis cat kayu yang tidak disarankan untuk digunakan finishing bahkan di luar negeri sudah melarang penggunaan cat ini karena berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Penyebab bahayanya cat kayu tersebut adalah kandungan VOC-nya yang sangat tinggi.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, setelah melalui banyak percobaan dan riset mulai dikembangkan cat kayu yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan yaitu cat water based. salah satu cat water based yang sudah dipastikan aman digunakan adalah Biovarnish. Cat ini menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency  (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA). Yang biasanya tidak nyaman dengan bau cat yang menyengat berbeda halnya cat water based ini yang cenderung tidak berbau bahkan tidak beracun.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail atau pemesanan, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Demikian ulasan mengenai perbedaan pernis dan plitur yang bisa Anda jadikan sebagai bahan rujukan sebelum membeli langsung ke toko cat atau bangunan. Pastikan Anda menggunaan bahan-bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.

 

 

Artikel yang Berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *