Trik Membuat Kusen Jendela Rumah Tampil Menawan

0
89
membuat kusen jendela menawan
kusen jendela menawan berkat finishing yang tepat

Dalam sebuah bangunan, keberadaan kusen dan pintu memberi nilai estetika dalam sebuah bangunan. Saat kusen kusam, maka estetika rumah pun akan menjadi berkurang dan kurang menarik untuk dipandang.
Kusen pun memberi nilai tersendiri saat ia didesain. Pemilihan material menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan desain kusen. Kebanyakan memang memilih material kayu untuk kusen hunian.
Selain itu, warna atau finishing juga menjadi tolak ukur selanjutnya dari keberhasilan mendesain sebuah kusen. Sebagus apapun desainnya jika warnanya kurang tepat juga akan membuat kusen kurang menarik untuk dipandang. Bagaimana cara untuk membuat ksuen tampil menawan?
Memilih Warna Untuk Kusen Jendela
Kehadiran kusen memang tidak terlalu penting, namun adanya ksuen dapat membuat tampilan rumah anda, walaupun bergaya minialis tampil lebih menarik. Kusen rumah tak hanya membantu menopang kaca pada pintu atau jendela saja, namun juga berfungsi sebagai dekorasi interior mapun eksterior.
Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah pemilihan warna kusen jendela. Akan sangat disayangkan jika bentuk kusen sudah menarik, namun dalam pemilihan warnanya terkesan sembarang dan asal-asalan.
Pemilihan warna yang terkesan asal-asalan justru akan membuat tampilan rumah menjadi aneh dan kurang menarik. Selain itu, pemilihan jenis kayu pun juga memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga tidak boleh disamakan antara kayu yang satu dengan yang lain. Jika memang anda memilih kusen berbahan kayu, maka anda bisa memilih finishing transparan yang lebih natural, sehingga dapat menonjolkan kesan alami pada bagian tersebut.
Tak hanya material, pewarnaan kusen juga menjadi salah satu faktor yang harus mendapatkan perhatian khusus. Biasanya warna kusen jendela akan menyesuaikan warna dinding yang digunakan pada rumah agar nampak serasi. Jarang sekali kita menemukan warna atau pola yang berbeda antara dinding dan kusen.
Khusus untuk kusen yang menggunakan material kayu jati maupun kayu lainnya yang memiliki serat tekstur yang ndah, akan lebih baik jika anda memilih finishing transparant tanpa menggunakan cat untuk menonjolkan keindahan serat kayunya, sehingga kesan naturalnya dapat menjadi daya tarik tersendiri.
Ada beberapa cat yang bisa digunakan untuk melapisi kusen jendela, diantaranya :
1. Cat Minyak
Jika ingin permukaan kusen tertutup dengan sempurna, maka cat minyak inilah pilihannya. Biasanya cat minyak diaplikasikan menggunakan kuas. Cat minyak banyak sekali dijadikan pilihan karena pilihan warnanya banyak, sehingga dapat disesuaikan dengan selera anda. Proses pengerjaannya juga singkat dan tidak membutuhkan proses yang rumit.
2. Pelitur

membuat kusen jendela menawan
kusen jendela di cat dengan warna transparan

Punya serat kusen yang menarik? Maka gunakan pelitur ini untuk melapisi kusen dengan serat kayu yang menarik. Gunakan pelitur untuk menonjolkan sisi alami dan natural dari kayu.
3. Duco
Cat duco sebenarnya cukup menarik, karena mampu menutup kusen dengan warna-warna yang bisa Anda pilih. Cat ini dikerjakan dengan cara disemprot, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama hingga seluruh objek tertutup. Kelebihannya, anda bisa menutup cacat warna kayu dengan cat jenis ini. Pilihan warnanya juga banyak, sehingga anda bisa berkreasi sesuai dengan warna yang anda inginkan.
4. Melamin
Cat melamin memiliki tekstur yang hampir sama dengan pelitur, namun penggunaan cat duco ini hanya terbatas untuk indoor saja, karena kurang tahan terhadap perubahan cuaca. Cat melamik mampu meresap sempurna ke dalam serat kayu.
membuat kusen jendela menawan
mengecat dengan mengggunakan melamin

5. Polyuretan.
Topcoat clear transparan ini memiliki tekstur yang tidak jauh berbeda dengan melamin. Namun produk ini mampu melapisi permukaan kayu bahkan untuk kebutuhan heavy duty seperti untuk area outdoor. Pengaplikasiannya pun juga cukup disemprotkan saja.
Cara Mudah Memilh Cat Kayu Berkualitas Untuk Jendela
Saat ini banyak sekali produsen cat kayu yang menawarkan produk terbaiknya. Sebagai konsumen dan pemilik hunian, tentu anda harus teliti untuk memilih cat kayu terbaik untuk diaplikasikan pada ksuen jendela hunian anda. Apalagi saat ini mayoritas kusen menggunakan material kayu yang memang membutuhkan penanganan lebih lanjut.
Penanganan kayu inilah yang perlu diperhatikan. Ingin tampilan kusen seperti apa, karena pada dasarnya cat hanya berguna sebagai pelengkap untuk mempercantik kusen saja. Untuk memilih cat kayu yang cocok, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya :
• Detil dan Motif Kayu
Perhatikan media kayu terlebih dahulu untuk mengetahui cat kayu seperti apa yang cocok untuk diaplikasikan pada kayu. Biasanya kusen yang telah dipesan memiliki serat kayu dan ukiran motif yang berbeda. Ukiran motif inilah ada yang sederhana hingga yang rumit. Ada baiknya jika anda memilih cat semprot, karena detail yang rumit lebih membutuhkan warna yang merata seperti hal nya kayu dengan motif yang standar.
• Jenis Kayu
Setiap jenis kayu memiliki perbedaannya masing-masing. Yang membedakan antara satu kusen dengan kusen lainnya adalah pori-pori kayu. Cobalah mengelus kusen jendela yang akan dicat, apakah pori porinya kasar atau halus. Ada baiknya anda menggunakan cat dengan tingkat kekentalan yang rendah, sedangkan jika kusen pilihan anda adalah kusen dengan pori yang halus, maka gunakan cat dengan tingkat kekentalan yang tinggi.
• Nilai Estetika
Hal selanjutnya yang harus anda jadikan pertimbangan saat memilih cat kayu adalah warna cat kayu. Memilih warna cat kayu yang tepat memang susah-susah gampan. Anda harus memiliki kepekaan warna yang baik untuk dapat memperoleh padanan warna yang tepat untuk kusen anda.
Merawat Kusen Pintu Dan Jendela Kayu
membuat kusen jendela menawan
kusen jendela bersih dengan perawatan yang tepat

Kusen dengan material kayu jati tentu akan membuat jendela maupun pintu akan nampak berkelas. Harga kayu jati yang tidak murah pun mampu menunjukkan tingkat ekonomi pemlik hunian. Karena itu kayu jati membutuhkan perawatan khusus.
Perawatan kayu jati pun membutuhkan perawatan yang tidak main-main. Memang tidak membutuhkan perawatan yang mahal, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kusen kayu jati.
Membersihkan Secara Berkala
Lakukan permbersihan secara berkala agar kayu jati tetap bersih dari debu yang menempel. Gunakan lap lembut atau kemoceng. Akan lebih baik jika anda menambahkan cairan khusus pembersih kayu untuk memberikan kesan mengkilap pada kusen pintu dan jendela. Gunakan cairan pembersih kayu yang berkualitas tinggi. Jika memang anda menggunakan bantuan air, maka segera keringkan agar tidak ditumbuhi jamur.
Memoles Berkala
Untuk menjaga kusen, gunakan cairan minyak jati. Gunakan olesan minyak jati pada kusen yang memiliki warna alami jati. Biasanya ksuen harus dipoles lagi dalam jangka waktu 2-3 tahun, karena dalam jangka waktu inilah kusen sudah terlihat kusam. Lakukan secara rutin agar pintu dan jendela tetap mengkilap dan terawat.
Jauhkan dari Benda Tajam
Jauhkan kusen dari benda tajam untuk menghindarinya dari goresan. Dikhawatirkan goresan ini akan meninggalkan bekas yang mungkin saja sulit diperbaiki dan membuat tampilan kusen kurang menarik.
Cat Ulang
Agar kusen tetap mengkilap dan terawat, maka lakukan pengecatan ulang. Sebelum dilakukan pastikan permukaan kayu benar-benar bersihagar hasil cat benar-benar menempel. Jangan lupa untuk menambal bagian yang berlubang agar didapat kayu dengan permukaan yang lebih halus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here